Ringkasan Materi Multimedia

Ringkasan Materi Multimedia

Multimedia adalah sarana komunikasi yang Diman kita dapat memperoleh Informasi dari berbagai sumber, dan kita bisa memahami apa yang disampaikan. Dan dengannya perkembangan teknologi sekarang kita dapat dengan mudah melihat berbagai jenis hasil dari multi media tersebut



Konten Multimedia untuk blog :

1. Pengertian dan Jenis-jenis Multimedia

Multimedia adalah Bentuk penyampayan informasi, dengan contoh Video, foto, Animasi, dan lain sebagainya.

a. Produksi Konten Multimedia

Produk - produk Multimedia dapat kita sebut karya media atau Konten Kreator yang biasanya menghiasi Youtube, dan Tiktok. Peroduk ini dihasilkanya itu video - video dengan pengambilan gambar yang baik ataupun yang biasanya saja.

Ada pun peroduk Multimedia yang lainya seperti foto yang biasanya disebut fotografer. Biasanya Para fotografer mengambil potret yang baik.


b. Komunikasi Multimedia

Komunikasi Multimedia adalah Penyampayan suatu informasi atau kabar lelalui media - media yang biasanya kita sebut TV, Internet, Media cetak, dan Radio.

Komunikasi Multimedia juga memiliki berbagai jenis penyampanyanya, sehingga orang lain dapat menikmati dan mengamati dengan baik


2. Jenis Jenis Multimedia Pembelajaran



a. Multimedia Interaktif

Multimedia interaktif adalah dimana pengguna atau penikmat dari media berperan aktif didalamnya contohnya game

b. Jenis Jenis Multimedia Interaktif

Seperti yang di jelaskan di atas apa itu Multimedia interaktif dan ini beberapa contohnya :

- Game

- Seluler

- Sosial Media (Sosmed)


c. Multimedia Hiperaktif 

Multimedia Hiperaktif adalah multimedia yang mempunyai struktur terkait dan berbasis online yang dapat diarahkan oleh user melalui tautan dengan elemen elemen dalam multimedia yang ada.

Contohnya seperti :

Website

Mobile Banking


d. Jenis Multimedia Linear ( Berurutan )

Multimedia Linear merupakan jenis multimedia yang berjalan lurus, multimedia seperti ini biasanya banyak kita temukan pada semua jenis film, Tutorial video, dan sebagainya.

Sedangkan untuk multimedia interaktif merupakan jenis multimedia interaksi, artinya suatu interaksi antara media dan pengguna media dengan melalui bantuan komputer, mouse, keyboard dan sebagainya.

Interaksi multimedia seperti ini berlangsung tanpa kontrol navigasi dari penguna, Penyajian multimedia liner harus berurutan atau sekussial dari awal sampai akhir.

Contoh dari multimedia linier adalah movie/film, e-book, musik, siaran TV.


e. Multimedia Presentasi Pembelajaran

Multimedia presentasi pembelajaran merupakan alat bantu bagi guru untuk proses pembelajaran di kelas, namun tidak mengantikan peran guru secara keseluruhan dalam mengajar.

Contohnya adalah Microsoft Powerpoint.

f. Multimedia Pembelajaran Mandiri

Multimedia pembelajaran mandiri merupakan suatu software yang bisa dimanfaatkan secara mandiri oleh siswa tanpa bantuan guru.

Multimedia pembelajaran mandiri juga harus bisa dalam menggabungkan explicitknowledge, dan tacit knowledge mengandung fitur asemen untuk latihan ujian dan simulasi termasuk juga tahapan dalam pemecahan suatu masalah.

Contoh dari multimedia pembelajaran mandiri adalah, Macromedia Authorware atau Adobe Flash.


g. Perangkat Multimedia 

Multimedia kits merupakan suatu kumpulan materi atau pembelajaran yang meliputi lebih dari satu jenis media yang diorganisir di sekitar topik utama.

Didalamnya juga termasuk CD ROOM, KASET, AUDIO, GAMBAR DIAM, STUDY  CETAK, TRANSPARANSI OVERHEAD.

Tujuannya adalah untuk proses presentasi di dalam kelas keunggulan: multimedia kits membakitkan karena mereka multi sensorik.

Multimedia kits menjadi maksime serta ideal sebagai media untuk merangsang kerja kelompok proyek kecil, kits mempunyai keunggulan tersendiri, yaitu dapat di angkut dan digunakan di luar kelas (logiostik).


h. Jenis Multimedia Hypermedia

Ini merupakan perpanjangan dari Hipertex, yaitu dokumen yang terdiri dari teks, audio, informasi visual yang disimpan dalam komputer.

Contoh dari hypermedia yaitu ketika dalam suatu pembelajaran mengunakan link pada sebuah web.


i. Jenis Multimedia (Media Interaktif)

Sistem pembelajaran interaktif merupakan sistem pengiriman atau pemberian pelajaran yang direkam secara visual, suara dan bahan video yang disajikan di bawah kontrol komputer.

Tujuannya agar tidak hanya melihat dan mendengar suara, namun juga untuk membuat tanggapan secara aktif dari siswa.

Keunggulan dari sistem ini yaitu adanya beberapa teks, audio, graif, gambar, diam dan semua gerak gambar dapat dikombinasikan sehingga mudah di gunakan.


j. Jenis Multimedia (Virtual Reality)

Virtual Reality atau dikenal juga dengan realitas maya merupakan teknologi untuk pembelajaran yang memungkinkan pengguna untuk dapat berinteraksi dalam suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer.

Entah itu suatu lingkungan yang sebenarnya ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi.


3. Aplikasi Multimedia

Aplikasi atau software multimedia merupakan perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah berbagai macam media informasi seperti teks, gambar, video, foto, audio, dan lain lainnya.


a. Media Player

Media Player adalah salah satu jenis perangkat lunak (software) yang digunakan untuk mengolah informasi dalam bentuk audio atau video.

Umumnya beberapa aplikasi media player sudah dapat memutar informasi baik itu audio ataupun vidio. Berikut ini beberapa software media player, antara lain:

Windows Media Player: merupakan Software yang diproduksi oleh Microsot, biasanya sudah satu paket dalam Microsoft Windows.


b. Editor Gambar

Editor Gambar merupakan perangkat lunak yang mempunyai fungsi untuk menggambar atau mengedit image / foto.

Software-software untuk editor image saat ini sudah banyak yang bermunculan mulai dari yang memiliki fungsi editing sederhana hingga fitur yang kompleks.

Ada dua jenis image yang dihasilkan oleh sebuah image editor, yakni bitmap image dan juga vector image.

Berikut ini beberapa contoh software image editor antara lain:

Adobe Photoshop.

CorelDraw.


c. Audio / Video Editor

Jenis aplikasi atau software yang satu ini dapat digunakan untuk mengedit atau membuat media dalam bentuk video dan audio.

Biasanya Proses pengeditan video atau audio berupa konversi format, manipulasi kualitas, dan masih banyak lainnya.

Berikut ini beberapa software untuk editing video dan audio saat ini, antara lain:

Adobe Premiere Pro.

Windows Movier Maker.


d. Grafik / Penampil Gambar

Grafik Perangkat lunak digunakan untuk melihat (view) gambar secara terorganisasi dalam sebuah direktori.

Sekarang juga sudah banyak format image yang sudah di support oleh aplikasi image viewer, misalnya bmp, jpeg/jpg, gif, png, ico, dan lain lain.

Berikut beberapa aplikasi image viewer yang dapat anda gunakan, diantaranya.


e. Animasi

Jenis software seperti animasi ini memang dikhususkan untuk membuat atau mengedit dalam bentuk animasi.

f. Grafik 3D

Aplikasi Multimedia (Grafik 3D) merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membuat dan mengedit informasi dalam bentuk gambar 3D.

3 Dimensi adalah representasi gambar dengan bentuk geometri 3 dimensi.

Sebagai contoh untuk perangkat lunak grafik 3D yang dapat Anda gunakan di komputer adalah:


4. Konten Multimedia

Menurut pendapat (Green & Brown) Multimedia interaktif merupakan gabungan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari:

a. Teks

Teks adalah simbol yang berupa medium visual yang dapat digunakan untuk menjelaskan bahasa lisan secara efektif.

Teks itu sendiri memiliki beberapa jenis, bentuk dan jenis, seperti: Time New Roman, Arial, Comic San MS), ukuran dan hutan.

Untuk satuan ukuran dari suatu teks terdiri dari length dan size.

b. Grafik

Grafik merupakan suatu medium yang berbasis visual, dan seluruh gambar dengan dua dimensi itu adalah grafik.

Jika suatu gambar dirender dalam bentuk tiga dimensi (3D), maka tetap akan tampil melalui medium dua dimensi.

Demikian juga suatu gambar yang ditampilkan melalui kertas, televisi ataupun layar monitor, tetap dalam grafik bisa saja berbentuk kenyataan (reality) atau hanya hanya dalam bentuk iconic.

Contoh penyajian grafik dalam bentuk kenyataan adalah foto dan contoh grafik yang disajikan berbentuk iconic adalah kartun.

Contoh lain gambar yang biasa dipasang dipintu toilet untuk membedakan toilet laki-laki dan perempuan itu juga merupakan contoh grafik dalam bentuk iconik

c. Audio / Video

Medium berbasis Suara dan Video atau yang lebih dikenal dengan Audio video merupakan segala sesuatu yang bisa didengar dan di lihat dengan menggunakan indera pendengaran dan penglihatan.

Contohnya adalah: Siaran TV, Video dari YouTube ataupun Website



5. Fungsi dan Manfaat Multimedia

a. Fungsi Multimedia menurut para ahli

Menurut Gumelar tahun 2014, fungsi Multimedia adalah untuk menyajikan dan menggabungkan teks, animasi, suara, gambar dan video dengan tools sebagai alat bantu dan link sehingga memungkinkan pengguna dapat melakukan navigasi, interaksi, berkarya serta berkomunikasi.

b. Manfaat multimedia dalam bidang berbagai bidang

Multimedia membuat pelajar mengerti isi pelajaran.

Multimedia membuat siswa mengingat dengan mudah tentang isi pelajaran.

Multimedia menyampaikan isi pelajaran dengan canggih dan berkesan.

Multimedia mampu menjadi sumber pengetahuan.

Multimedia mampu mencari hubungan antara satu ilmu dengan ilmu lain.



6. Live Streaming menggunakan Encoder

Live Streaming adalah aktifitas menggunakan Media secara online melalui internet dengan menggunakan aplikasi yang di sebut encoder. Contoh membuat live Streaming menggunakan OBS lalu menyambungkan ke media online seperti YouTube dan Facebook


a. Tanpa encoder

Biasanya fitur untuk online sekarang dada banyak dan tanpa perlu menggunakan encoder. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan layanan Streaming secara online yaitu Facebook, YouTube, Tiktok, dan Bigo Live.

b. Menggunakan encoder

Cara menggunakan encoder yaitu, pertama dengan niat dulu supaya jangan berhenti saat baru memulainya. Kemudian Siapkan dan install aplikasi encoder seperti OBS (Kelik disini Untuk Menginstal dan belajar)

7. Teknik Chroma key atau Green Screen

Teknik Chroma key atau istilah umum Green Screen adalah pengambilan awal gambar pada latar hijau atau biru dan di ubah latar tempat sesuai yang kita inginkan.


8. Tinjauan Masa depan Teknologi Multimedia

Peninjauan semasa menggunakan Multimedia, kita bisa saling berinteraksi dengan cara yang menarik dan juga asik dalam perkembangan teknologi ini. 

Komentar